Mahasiswa KKN 100 Manfaatkan Lahan Kosong Guna Kebutuhan Bersama

Proses penanaman benih dalam polybag oleh Ibu-ibu PKK Desa Pakong
               Jumat, 20 Juli 2018, Program kerja tambahan berupa pemanfaatan lahan kosong akan segera dimulai. Bermodalkan bibit/benih unggul, pupuk, cangkul dan linggis, para anggota KKN 100 Tematik Universitas Trunojoyo Madura menuju lahan kosong yang berada di Dusun Secang tepatnya sebelah timur kali yang mengalirkan gemercik air, tidak terlalu keruh namun sedikit kotor yang dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mandi, mencuci bahkan memenuhi kebutuhan sehar-hari. Lahan kosong tersebut akan segera direnovasi menjadi taman yang hijau penuh dengan bunga, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

            Sore itu, Feny Nur Kusumawati, mahasiswi semester 6 jurusan Agroteknologi yang bertugas sebagai instruktur dalam kegiatan ini. Bibit semangka merah dan kuning, melon, blewah, bayam dan bayam merah yang sudah disiapkan akan segera ditanam. Melalui bekal ilmu saat perkuliahan, ia memberikan gambaran singkat terkait budidaya kepada peserta yang hadir. Pembibitan dimulai dengan mengisi polybag dengan media tanam yang terdiri dari tanah dan pupuk kandang. Kemudian benih tersebut disemai dalam polybag yang memudahkan ketika tanaman siap dipindahkan ke lahan. Proses awal pembibitan yang tepat akan mempengaruhi kecepatan tumbuh tanaman.”Melalui lahan pekarangan, warga bisa bercocok tanam tanpa harus pergi ke lahan sawah. selain itu juga dapat dimanfaatkan dengan menanam sayur-sayuran agar pekarangan rumah menjadi lebih hijau dan asri” ucap Feni mahasiswa asal Bojonegoro itu.

Pembuatan media tanam dalam polybag
            Kegiatan yang dimulai pukul 15.45 WIB dihadiri oleh Ibu Ketua PKK ( Ibu Hj. Nur Azizah) sekaligus sebagai Ibu Kepala Desa, beserta kader dan Pengurus PKK Desa Pakong, selain itu tidak lupa juga nampak rekan-rekan Karang Taruna dan ibu-ibu rumah tangga yang tidak mau ketinggalan dalam berpartisipasi di kegiatan ini. Ketertarikan warga setempat dikarenakan lahan pekarangan rumah mereka yang dibiarkan kosong dan gersang. Hal inilah yang diupayakan oleh Mahasiswa KKN untuk merubah mindset warga agar pekarangan rumah bisa menjadi lahan yang produktif dan bermanfaat.

            Kegiatan pemanfaatan lahan kosong menjadi pekarangan sayur, buah, dan bunga sebagai upaya untuk menjaga kondisi lingkungan yang cenderung pengap karena debu. Pekarangan ini juga disiapkan untuk mengikuti perlombaan dalam Peringatan Hari PKK Se-Kabupaten Bangkalan mewakili Kecamatan Modung. Kegiatan ini merupakan awal untuk membentuk kesadaran warga terhadap lingkungan tempat tinggal. Selanjutnya dibutuhkan koordinasi, komunikasi serta konsitensi setiap warga untuk menjaga dan merawat bibit tanaman yang telah ditanam.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.