Cegah Penyakit Difteri Sejak Usia Dini melalui Progam Imunisasi

Pengukuran Tinggi Badan oleh Mahasiswa KKN Tematik
    Difteri merupakan infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit. Penyakit ini sangat menular dan termasuk infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa. Penyakit ini bisa dicegah melalui imunisasi kepada anak usia dini (4-6 tahun). Perlindungan tersebut umumnya dapat melindungi anak sampai seumur hidup.


Desa Pakong melalui POSKESDES memiliki progam imunisasi terhadap anak usia diri. Imunisasi yang dilakukan adalah Imunisasi Difteri yang merupakan lanjutan setelah imunisasi campak. Kali ini Ibu Ulfa selaku bidan dari POSKESDES Pakong bersama Mahasiswa KKN Tematik UTM mendatangi Madrasah Diniyah Al-Hasimiyah dan TK Yayasan Madrasah Islam untuk melakukan imunisasi difteri terhadap anak-anak di sekolah tersebut. Imunisasi dilakukan dengan cara menyuntikkan obat khusus ke lengan sebelah kiri anak. Mayoritas dari mereka sudah tidak ketakutan lagi karena sudah pernah dilakukan imunisasi campak sebelumnya, bahkan ada dari mereka yang terlihat tersenyum melihat kehadiran dari kakak-kakak mahasiswa. Selain dilakukan penyuntikan, anak-anak sebelumnya diukur berat badan dan tinggi badan untuk mengetahui pertumbuhannya.

            Salah satu bukti kepedulian perangkat desa adalah dengan adanya Kantor Posyandu untuk melayani keperluan kesehatan masyarakat. Berbagai aktivitas pengobatan bisa dilakukan di kantor ini. Selain berkunjung ke tempat belajar anak usia dini, imunisasi juga dilakukan di Kantor Posyandu. Melalui Kantor Posyandu, Bidan sering kali memberikan pengarahan terhadap ibu-ibu yang memiliki anak usia dini agar selalu menjaga kebersihan hidup dan mengatur pola makan demi pertumbuhan ideal sang buah hati. Mengingat pentingnya imunisasi terhadap anak usia dini, kami berharap agar perangkat desa lebih masif lagi melalukan progam ini.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.