TEKNIK BUDIDAYA JAGUNG SECARA TEPAT DAN EFISIEN

     Desa Pakong tergolong tempat dataran tinggi sehingga sangat cocok untuk menanam jagung. Mudahnya budidaya jagung membuat sebagian besar masarakat Pakong memilih budidaya jagung untuk lahan pertanian yang mereka miliki. Untuk mendapatkan hasil yang melilmpah diperlukan pembudidayaan yang benar. Langkah yang diambil petani jagung di desa Pakong untuk mendapatkan hasil yang memuaskan yaitu :
1.      Cara Pembibitan
JagungPada tahap ini petani Pakong akan memilih benih yang baik untuk mendapatkan hasil yang baik. Setelah benih didapat makan sebelum dilakukan penanaman beni dicampur dengan isektisida agar benih yang akan ditanam tidak terserang jamur dan dimakan oleh serangan.
2.       Cara Mempersiapkan Ladang
Pengolahan lahan memperbaiki struktur tanah. Untuk penanaman jagung biasanya petani  jagung di Pakong akan membajak lahan mereka terlebih dahulu sebelum di tanami dengan benih jagung.
3.      Cara Penanaman
Petani biasanya melakukan pola penanaman campuran, yaitu dalam satu lahan akan ditanami beberapa jenis tanaman. Pola ini memiliki tujuan efisiensi lahan.
4.      Pemeliharaan Tanaman Jagung
Pada budidaya tanaman jagung proses pemeliharaan sama halnya dengan tanaman palawija lainnya, yaitu meliputi penyulaman benih yang tidak tumbuh, penyiangan, pemupukan dan pengairan.
5.      Pemanenan Jagung
Tahap ini merupakan tahap akhir dari budidaya tanaman jagung. Pemanenan dilakukan biasanya pada 3-4 bulan penanaman jagung.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.