:

Sabtu, 04 Februari 2017

LIMA PILAR PENYOKONG DESA PAKONG


1.      Dusun Barat Embong
     Dusun barat embong terletak disebelah barat jalan poros desa Pakong. Dusun ini merupakan dusun yang paling sulit menanam hasil tani dan juga memperoleh air bersih. Hasil tani yang ditanam didaerah barat embong antara lain : jagung, singkong, cabe, kacang, dan kedelai.
      a.       Sosial Budaya
Warga dusun barat embong melakukan yasinan setiap malam jum’at. Selain itu, warga dusun barat embong juga melakukan kegiatan diba’an tetapi waktunya kondisional.
b.      Pendidikan
Pendidikan yang berada didusun barat embong adalah MI (Madrasah Ibtidaiyah), MTS (Madrasah Tsanawiyah), MA (Madrasah Aliyah), beserta pondok pesantren. Dusun barat embong merupakan dusun yang memiliki pondok terbanyak, yaitu 4 pondok pesantren.
c.       Ekonomi
·         Mata Pencaharian
Warga dusun barat embong mayoritas sebagai pedagang kecil dirumah masing-masing. Selain sebagai pedagang ada yang berprofesi sebagai petani, pengepul barang bekas, tukang bangunan, wirausaha, dan tukang pijat urat.
·         Potensi yang dimiliki
Warga dusun barat embong memiliki potensi “sangkar burung”.
d.      Infrastruktur
Kondisi akses jalan di dusun barat embong cukup bagus. Beberapa minggu yang lalu dilakukan pengaspalan di dusun barat embong. Sedangkan untuk kondisi bangunan rumah warga di dusun barat embong tidak merata, ada yang menengah keatas, ada yang menengah kebawah. Namun kebanyakan rumah warga dusun barat embong tergolong menengah kebawah. Letak rumah didaerah dusun barat embong berjauhan sehingga tampak sepi. Di dusun barat embong juga terdapat satu masjid.


2.      Dusun Timur Embong
     Dusun timur embong tidak jauh beda dengan dusun barat embong. Dusun timur embong terletak disebelah timur jalan poros desa Pakong. Dusun ini tidak kesulitan dalam memperoleh air, karena dekat dengan sungai. Hasil tani yang ditanam didaerah barat embong antara lain : jagung, singkong, cabe, kacang, dan kedelai.
a.       Sosial Budaya
Para ibu-ibu PKK melakukan senam dihari jum’at dikantor kepala desa. Arisan yang dilakukan satu minggu dua kali, yasinan yang dilakukan setiap malam jum’at, pengajian yang dilakukan setiap malam kamis, serta manakiban setiap bulan.
b.      Pendidikan
Pendidikan yang berada di dusun timur embong adalah SD (Sekolah Dasar) dan pondok pesantren.
c.       Ekonomi
·         Mata Pencaharian
Warga dusun timur embong memiliki mata pencaharian supir, dagang, tukang, dan petani. Petani di dusun timur embong sangat jarang dibandingkan dengan dusun yang lainnya.
·         Potensi yang dimiliki
Warga dusun timur embong memiliki potensi “rabbana (therbheng)”
d.      Infrastruktur
Di dusun timur embong terdapat kantor kepala desa. Kondisi akses jalan di dusun timur embong juga cukup bagus. Sedangkan untuk kondisi bangunan rumah warga di dusun timur embong cukup bagus. Letak rumah didaerah dusun timur embong berdekatan sehingga tampak ramai. Di dusun timur embong juga terdapat satu masjid.
3.      Dusun Sorok
     Dusun sorok terletak ditengah-tengah desa Pakong. Dusun sorok merupakan paling aktif dalam kegiatan sosial. Hasil tani yang ditanam didaerah sorok antara lain : jagung, singkong, cabe, kacang, dan kedelai.
      a.       Sosial Budaya
Warga dusun sorok melakukan tadarus setiap malam jum’at. Pengajian yang dilakukan dua minggu satu kali, yasinan setiap malam jum’at, serta kerja bakti setiap minggu.
      b.      Pendidikan
Pendidikan yang berada di dusun sorok adalah pondok pesantren.
c.       Ekonomi
·         Mata Pencaharian
Warga dusun sorok mayoritas sebagai petani.
·         Potensi yang dimiliki
Dusun sorok memiliki potensi “air terjun lar-lar” yang cukup terkenal di desa Pakong.
d.      Infrastruktur
Kondisi akses jalan di dusun sorok cukup bagus. Sedangkan untuk kondisi bangunan rumah warga di dusun sorok juga cukup bagus. Letak rumah didaerah dusun sorok berdekatan sehingga tampak ramai.
4.      Dusun Seccang
Dusun seccang merupakan dusun paling timur desa Pakong yang berbatasan langsung dengan kecamatan Galis dan desa Mangga’an. Hasil tani yang ditanam didaerah barat embong antara lain : jagung, singkong, larbak, dan tembakau. Tanaman tembakau tidak sering dijumpai di desa Pakong seperti halnya larbek. Kedua tanaman ini hanya bisa dipanen hanya dimusim tertentu.  
a.      Sosial Budaya
Warga dusun seccang melakukan yasinan setiap malam jum’at. Selain itu, warga dusun   seccang juga melakukan pengajian setiap malam tetapi untuk malam sabtu tidak ada pengajian (libur).
             b.      Pendidikan
                  Pendidikan yang berada di dusun seccang adalah SMP (Sekolah Menengah Pertama).
             c.      Ekonomi

·         Mata Pencaharian
Warga dusun seccang mayoritas sebagai petani dan perantau. Ibu-ibu di dusun Seccang banyak yang berjualan dipasar ketika pagi hari.
·         Potensi yang dimiliki
Warga dusun seccang memiliki potensi bukit, sumur tujuh, dan cobbhu’ (tempat untuk mencuci beras).
              d.      Infrastruktur
         Kondisi akses jalan di dusun seccang sudah diaspal, begitu pula dengan kondisi bangunan  rumah warga di dusun seccang termasuk golongan menengah. Letak rumah didaerah dusun seccang berdekatan sehingga tampak ramai.
5.      Dusun Masaran
Dusun masaran terletak dibagian paling selatan bagian desa Pakong yang berbatasan dengan Alaskokon. Dusun Masaran merupakan dusun yang paling agamis diantara dusun yang lain. Hasil tani yang ditanam didaerah Seccang antara lain : jagung, singkong, cabe, kacang, dan kedelai.
              a.       Sosial Budaya
      Warga dusun masaran melakukan hadrah yang dilakukan setiap ada acara. Selain itu, warga laki-laki melakukan yasinan setiap malam jum’at.
            b.      Pendidikan
       Pendidikan yang berada di dusun Masaran adalah SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), pondok pesantren, serta satu Universitas yang ada di dusun masaran.
           c.       Ekonomi
·         Mata Pencaharian
Warga dusun masaran mata pencaharian yang ada yaitu pedagang kathul dalam bahasa indonesia dinamakan celana pendek. Mayoritas warga di dusun masaran banyak yang bekerja sebagai TKI.
·         Potensi yang dimiliki
Warga dusun Masaran memiliki banyak pondok pesantren yang cukup terkenal di Kabupaten Bangkalan. Banyak dari kecamatan lain di kota Bangkalan yang mempercayakan beberapa para santri untuk menempuh pendidikan di pondok pesantren yang terletak di dusun masaran.
             d.      Infrastruktur

      Kondisi akses jalan di dusun masaran cukup bagus. Mayoritas jalannya diaspal, rumahnya juga semi permanen. Sedangkan untuk kondisi bangunan rumah warga di dusun masaran termasuk golongan menengah keatas. Tetapi warga dusun masaran kebanyakan membuat tandon untuk menampung air hujan, karena dusun masaran cukup jauh dari sumber air. Letak rumah hampir sama dengan dusun timur embong yang saling berdekatan.

0 komentar:

Posting Komentar