POTRET PERTANIAN DESA PAKONG




         Kehidupan sosial masyarakat desa Pakong rata-rata sebagai petani. Pakong merupakan salah satu desa di Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan, desa Pakong mempunyai potensi bidang pertanian dan peternakan. Setiap dusun yang berada di desa Pakong umumnya memiliki potensi berbeda-beda. Dusun Barat Embong memiliki hasil tani jagung, kacang ijo, mangga, kedelai, singkong, dan pohon pisang. Dusun Timur Embong hasil tani yang menonjol yaitu jagung, singkong, kedelai, kacang, dan cabe. Dusun Sorok hasil tani yang menonjol yaitu jagung, cabe, pisang, dan kedelai. Dusun Seccang memiliki hasil tani singkong, jagung, tembakau, dan pisang. Dan dusun Masaran hasil tani yang menonjol yaitu jagung dan singkong. Rata-rata potensi lokal yang ada di desa Pakong yaitu jagung, selain itu kedelai, kacang ijo, cabe, mangga, singkong, larbak, dan sukun.
a.      Jagung
J
agung merupakan bahan pokok pengganti beras warga Pakong. Warga sekitar masih kurang mengetahui pengolahan jagung menjadi usaha. Warga sekitar juga tidak pernah menjual hasil tani yang dimiliki, dikarenakan hasil tani tidak bisa maksimal akibat serangan hama sekitar area pertanian

b.      Sukun
S
ebagian warga desa Pakong memiliki pohon sukun, tidak jauh berbeda dengan jagung. Sukun jarang dimanfaatkan untuk usaha agar dapat menambah penghasilan. Kebanyakan warga hanya menjual sukun dalam bentuk buahnya dan mengolah sukun dengan cara direbus serta digoreng menggunakan balutan tepung terigu yang manis untuk dikonsumsi sendiri. Pemanfaatan sukun belum dikatakan maksimal, karena para warga perlu diberi pengetahuan untuk mengolah berbagai macam olahan yang berbahan dasar sukun.

c.       Singkong

T
anaman singkong tidak ditanam secara keseluruhan didaerah pertanian. Petani menanam singkong hanya sekitar perbatasan sawah hak milik masing-masing. Jadi tanaman singkong hasil panennya tidak banyak seperti jagung.


d.      Larbak
L
arbak merupakan tanaman yang cukup terkenal didaerah Pakong. Larbak banyak dimanfaatkan warga desa Pakong, tetapi larbak tidak selalu ada karena larbak merupakan tanaman pemilih dalam penanamannya. Sehingga larbak hanya dimanfaatkan hanya dimusim penghujan.

e.       Cabe

T
idak semua warga desa Pakong menanam cabe, tanaman cabe cukup sulit untuk ditanam karena memerlukan perawatan yang khusus. Sehingga hanya beberapa warga saja yang menanam cabe.

f.       Kedelai 

M
ayoritas warga desa Pakong menanam kedelai dimusim kemarau. Warga desa Pakong yang memiliki lahan untuk ditanami kedelai tidak keseluruhan mempunyai. Namun ketika kami KKN kami tidak menjumpai kedelai dikarenakan musim penghujan.

g.       Kacang 

M
ayoritas warga desa Pakong menanam kedelai dimusim kemarau. Warga desa Pakong yang memiliki lahan untuk ditanami kedelai tidak keseluruhan mempunyai. Namun ketika kami KKN kami tidak menjumpai kedelai dikarenakan musim penghujan.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.