CARA MEMELIHARA KAMBING YANG BAIK DAN BENAR

     Dalam memelihara Kambing sebenarnya bukanlah hal yang sulit baik Jenis kambing Etawa, kambing Kacang atau kambing lainya semuanya hampir memerlukan perlakuan yang sama. Sebelum kita memelihara ada baiknya kita mengetahui tujuan dari pemeliharaanya dulu.
Pemeliharaan Kambing untuk di Kembangbiayakan, Pemeliharaan jenis ini yang dilakukanoleh kebanyakan masyarakat di desa Pakong, Hal yang perlu di lakukan dalam pemeliharaanya antara lain sebagai berikut
  1. Ukuran kandang kambing biasanya tidak memiliki ukuran yang baku, karna cara pemeliharaanya yang Koloni namun kepadatan kambing juga harus diperhatikan.
  2. Jenis Kandang yang digunakan tidak masalah bukan Kandang Panggung atau menggunakan Kandang Lantai tanah, asalkan dijaga dari Kelembaban serta jangan sampai lantainya basah karna bisa menyebabkan kambing Masuk Anggin atau terkena penyakit lainya.
  3. Memisahkan Kambing Jantan dan Betina, walau cara berternaknya Koloni Namun Harus di pisahkan antara pejantan dan betina, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  4. Perawatan saat Melahirkan, kambing harus dipisahkan jika akan melahirkan agar kambing yang melahirkan dapat kita perlakukan dnegan kusus dan Anak Kambingnya tidak Terinjak dengan teman - temanya.
  5. Masa Sapih, Untuk masa ini anak kambing yang berjenis Pejantan harus dipisah agar tidak terjadi perkawinan dini, karna perkawinan dini dapat menyebabkan bayi kambing cacat atau tidak sempurna.
  6. Pemberian Pakan, Pemberian pakan baiknya dilakukan 3 kali sehari agar kambing mencapai kualitas yang kita inginkan.
  7. Pemberian Minum, Pemberian minum diberikan secara terus menurus dengan meletakkan bak air di dalam kandang, agar kambing tidak dehidrasi atau kehausan
  8. Pengawinan, pengawinan dapat dilakukan dengan menggabunngkan sepasang kambing atau 5 kambing betina banding 1 pejantan, dan pisahkan untuk kambing-kambing yang belum layak kawin agar tidak ikut hamil.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.