PERAN MAHASISWA UTM UNTUK PETANI PAKONG


Gambar 1. Pelatihan Pestisida
      Pelatihan pembuatan pestisida ini merupakan salah satu program kerja dari KKN 9 UTM yang membantu memecahkan permasalahan yang ada di desa Pakong, Kec. Modung-Bangkalan. Pelatihan ini bermula dari keluhan petani desa Pakong terhadap hama belalang yang menyerang tanaman mereka. Melihat permasalahan ini KKN 9 berinisiatif memanfaatkan daun mimba yang ada disekitar desa pakong untuk dijadikan pestisida alami yang ramah lingkungan. Pelatihan dilakuakan di rumah Bpk. Abdus Somad dusun Sorok pada tanggal 17 Januari 2017. Masyarakat sekitar sangat antusias untuk mengikuti pelatihan ini khususnya para ibu-ibu. Pelatiahan ini berangsung selama kurang lebih selama 3 jam. Pelatihan diawali dengan menjelaskan materi tentang daun mimba dan bebrbagai macam manfaatnya serta kekurangan dalam penggunaan daun mimba. Setelah warga mengerti tentang daun mimba, kami menjelaskan tentang manfaat daun mimba dalam bidang pertanian yaitu untuk pembuatan pestisida terhadap hama belalang. Kami juga menjelaskan bagiman cara kerja daun mimba dalam membunuh hama tersebut. Selanjutnya proses pembuatan pestisida dilakukan dengan cara memilih daun mimba yang bagus dan tua untuk di jadikan pestisida. Setelah dipilih pisahkan daun mimba dari tangkainya untuk di tumbuk hingga daun menjadi hancur kecil-kelil, lalu rendam daun mimba yang telah ditumbuk sampai satu hari satu malam. Siapkan saringan dan tempat untuk memisahkan ampas daun mimba dengan air hasil perendaman agar tidak menyumbat alat penyemprotan saat di masukan kedalam tangki penyemprot. Ketika air rendaman daun mimba teah disaring dan dimasukan kedalam tangki penyemprot , semprotkan air rendaman daun mimba seperti menyemprotkan pestisida yang lain.
    
Gamabar 2. Suasana Pelatihan Pestisida
    Daun mimba juga bermanfaat untuk kecantikan. Pada materi tentang daun mimba kami menyampaikan manfaat daun mimbauntuk kesehatan dan kecantikan. Mendengar manfaat tersebut, masyarakat semakin antusias dan juga semakin aktif untuk bertanya. Sangat banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh masyarakat khususnya ibu-ibu, Hal ini dikarenakan salah satu manfaat daun mimba yaitu untuk kecantikan.
      Selama ini masyarakat sekitar hanya memanfaatkan daun mimba untuk pengobatan herbal, dengan adanya pelatihan ini petani bisa menghemat pengeluaran pembelian peptisida kima untuk mengatasi hama belalang.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.